Contoh Surat Lamaran Kerja Lewat Email dan Tips Cara Mengirimnya

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email dan Tips Cara Mengirim Lamaran Lewat Email adalah postingan yang akan admin bagikan kali ini untuk anda semua para pengunjung dimanapun anda berada. Namun sebelum itu, beberapa waktu yang lalu admin juga sudah membagikan Contoh Surat Lamaran Kerja di PT Sebagai Karyawan. Apabila dibutuhkan bisa langsung menuju postingan tersebut, tetapi jika anda sedang mencari contoh lamaran kerja via email, maka simak terus halaman ini sampai selesai.

Dewasa ini banyak perusahaan tidak lagi menggunakan sistem penerimaan berkas lamaran secara langsung atau dengan kata lain dalam bentuk amplop yang dianggap sudah tidak efektif. Namun lamaran kerja kini sudah bisa dikirim melalui email, sehingga email menjadi salah satu sarana yang cukup efektif digunakan sebagai media untuk menerima surat-surat/dokumen-dokumen lamaran pekerjaan dari para pelamar.

Contoh Surat Lamaran Kerja Lewat Email

Terbukti dengan adanya email ini membuat pengiriman berbagai berkas menjadi sangat mudah, cepat dan pastinya murah. Coba bayangkan saja hanya dengan mengeklik Tab Send (Kirim), maka lamaran, berkas, dokumen atau surat-surat anda dapat dikirimkan ke seluruh belahan dunia dengan gratis dan cepat. Akan berbeda halnya apabila anda mengirimkannya melalui jasa pengiriman.

Pada saat anda mengirimkan surat atau berkas-berkas anda melalui jasa pengiriman, maka tentu anda akan dikenakan berbagai biaya, baik itu biaya untuk mencetak berkas yang akan anda kirimkan, biaya perangko, biaya amplop dan juga biaya kirimnya. Ditambah proses pengirimannya juga membutuhkan waktu yang tidak singkat yang bisa saja tidak sampai ditempat yang dituju dengan tepat waktu.

Belum lagi jika berkas yang kita kirimkan ternyata hilang atau rusak yang tentunya akan menambah lagi daftar ribetnya cara mengirimkan berkas lamaran tanpa email. Maka dengan adanya metode mengirim surat lamaran kerja lewat email ini, kita tentu patut bersyukur karena telah memudahkan kita dalam mengirim atau menerima berkas secara cepat, mudah dan gratis.

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Yang Baik dan Benar


Banda Aceh, 25 Oktober 2017
Yth. HRD PT. Indah Lestari
di tempat

Dengan Hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                       : Toni Kurniawan
Tempat, Tgl. Lahir    : Banda Aceh, 20 Juni 1994
Umur                        : 24 Tahun
Jenis Kelamin           : Laki-laki
Status                       : Belum Menikah
Pendidikan Terakhir : D3 Teknik Informasi
No. Telpon               : 0852 6785 6758
Alamat Rumah         : Jln Angsa No. 56 Luengbata Banda Aceh

Bersama ini saya mengajukan permohonan kerja di perusahaan Bapak/Ibu untuk menempati posisi sebagai Tenaga IT. Saya memiliki kondisi kesehatan yang baik dan tidak pernah tersangkut masalah hukum apapun. Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan beberapa berkas yang saya miliki:

1. Daftar Riwayat Hidup/Curriculum Vitae (CV)
2. Scan Ijazah S1 Teknik Informasi
3. Scan Transkrip Nilai
4. Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
5. Scan Surat Keterangan Dokter
6. Scan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
7. Pas Photo Format .jpeg (1 file)

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dan sampaikan, semoga dapat diterima sebagai karyawan di perusahaan yang Bapak/Ibu Pimpin. Atas perhatian dan pertimbangan Bapak/Ibu saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,


Toni Kurniawan

Tips Cara Mengirim Lamaran Lewat Email Yang Baik dan Benar

Sebelum anda mengirim lamaran via email, ada beberapa tips yang harus anda lakukan supaya lamaran anda mendapatkan respon yang baik dari pihak HRD perusahaan, yaitu:

1. Gunakan Email Profesional

Email Profesional yang dimaksud adalah email utama anda yang menggunakan nama asli anda. Jadi hindari untuk menggunakan email yang tidak mengandung nama asli anda di alamat email yang anda gunakan.

2. Menggunakan Subject dan Judul Email Yang Tepat

Hal pertama kali yang akan dilihat oleh pihak HRD perusahaan di Inbox Email mereka adalah judul dan Subject Email. Jadi ketika ingin mengirimkan lamaran lewat email, pastikan kalian mengisi judul sesuai dengan perihal dari email kalian tersebut. Tidak sedikit diluaran sana yang memperdulikan hal ini, sehingga pihak HRD pun mengabaikan email mereka karena tidak jelas maksud dan tujuan email tersebut. Pergunakanlah judul yang ringkas dan jelas. Format judul yang umum digunakan dalam mengirim surat lamaran kerja lewat email adalah sebagai berikut:


Lamaran Pekerjaan (jabatan yang dilamar) - Nama Pelamar

Contoh : Lamaran Pekerjaan (Tenaga IT) - Toni Kurniawan

3. Tulislah Body Email dengan Singkat, Padat dan Jelas

Tips cara mengirim lewat email berikutnya adalah dengan mengisi body email sesuai dengan standar surat lamaran kerja yang sesuai denga kaidah EYD (lihat contohnya di atas). Tidak sedikit para pelamar diluar sana yang tdak mengisi apapun di boy email ini, mereka hanya melampirkan saja di attachment. Hal ini adalah kesalahan fatal, karena body email inilah yang akan menjadi inti dari lamaran kerja tersebut.

4. Attachment Berukuran Kecil dengan Format File Yang Benar

Ukuran maksimal Attachment sebaiknya tidak melebihi 2 MB saat mengirim lamaran kerja lewat email ke perusahaan yang dituju, karena setiap perusahaan biasanya mempunyai Spam Filter yang akan menolak email masuk yang mempunyai attachmentnya melebihi 2 MB. Jadi jangan heran jika lamaran anda akan mendapatkan balasan dari sistem yang menyatakan bahwa email anda gagal dikirim dikarena file attachmentnya yang melebihi 2 MB.

Demikianlah Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email dan Tips Cara Mengirim Surat Lamaran Lewat Email yang dapat admin bagikan di kesempatan ini. Mudah-mudahan tulisan ini dapat memberikan pencerahan kepada kita semua tentang bagaimana contoh dan cara mengirim surat lamaran kerja lewat email yang baik dan benar. Jika dirasa bermanfaat, mohon dukungannya dengan cara like dan share kepada teman-teman yang lain melalui tombol di bawah. Terima kasih atas atensi anda dan salam sukses untuk anda semua.

0 Response to "Contoh Surat Lamaran Kerja Lewat Email dan Tips Cara Mengirimnya"

Post a Comment