Tips Cara Pengiriman Berkas Lamaran CPNS Kemenkumham

Tata Cara Pengiriman Berkas Lamaran CPNS Kemenkumham - Tahun 2017 ini sebagaimana informasi yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa Kementerian Hukum dan HAM kembali membuka kesempatan bagi putra putri Indonesia baik itu lulusan S1, D3 maupun SMA Sederajat untuk menjadi Aparatur Sipil Negara.

Ada berbagai posisi yang dibutuhkan Kemenkumham tahun ini, dan dari kesekian posisi yang dibutuhkan, posisi sebagai Penjaga Tahanan (Sipir) adalah posisi paling banyak peminatnya, hal ini dikarenakan kualifikasi pendidikan yang disyaratkan untuk mendaftar pada posisi ini ialah lulusan SLTA/Sederajat. Jadi sangat banyak lulusan-lulusan SMA yang mendaftarkan diri menjadi CPNS Sipir tahun ini, dan kebanyakan dari mereka masih sangat awam dalam hal pendaftaran atau pengiriman berkas lamaran, sehingga tidak jarang terdapat kekeliruan.

Cara Pengiriman Berkas Lamaran CPNS Kemenkumham

Saya sebagai admin juga sudah sangat sering mendapat pertanyaan dari calon-calon peserta CPNS tentang bagaimana tata cara pendaftaran online CPNS Kemenkumham 2017 hingga tata cara pengiriman berkas lamaran CPNS Kemenkumham Tahun 2017. Selain itu ada juga beberapa orang yang sempat panik karena salah dalam pengiriman berkas lamaran, sehingga mereka takut nantinya tidak akan lolos dalam tahapan seleksi administrasi. Padahal segala prosedur tata cara pendaftaran hingga penyampaian berkas lamaran sudah dipublikasikan lengkap di https://sscn.bkn.go.id. Namun masih saja ada para pelamar yang masih kebingungan baik mengenai apa saja berkas yang harus dikirim, bagaimana cara mendaftar online CPNS Kemenkumham 2017 hingga kemana berkas tersebut dikirimkan. Nah untuk itu pada kesempatan ini admin akan membagikan informasi tentang tata cara pengiriman berkas CPNS Kemenkumham tahun 2017.

Tata Cara Pengiriman Berkas Lamaran CPNS Kemenkumham 2017 untuk Pelamar Dengan Kualifikasi Pendidikan Dokter Spesialis, Dokter Umum, dan S1

Bagi anda yang kualifikasi Pendidikan Dokter Spesialis, Dokter Umum dan S1, maka anda tidak lagi diperlukan untuk melakukan pengiriman berkas ke PO BOX, anda cukup melakukan pendaftaran secara online, kemudian mengirimkan berkas secara online saja (unggah dokumen) yang diminta dan selanjutnya mencetak nomor pendaftaran. Dokumen unggahan inilah yang nantinya akan di verifikasi oleh panitia seleksi untuk menentukan lulus tidaknya anda dalam tahapan seleksi administrasi.

Tata Cara Pengiriman Berkas Lamaran CPNS Kemenkumham 2017 untuk Pelamar dengan Kualifikasi Pendidikan D-III dan SLTA

Bagi anda yang kualifikasi pendidikan D3 dan SMA/Sederajat, anda wajib melakukan pengiriman berkas lamaran anda ke PO BOX sesuai dengan dengan wilayah anda. Adapun berkas-berkas yang dikirim adalah sebagai berikut:
  1. Surat Lamaran yang diketik menggunakan komputer yang ditujukan kepada Menteri Hukum dan HAM di Jakarta dan dibubuhkan Materai Rp. 6000,- dan ditandatangani dengan pena tinta hitam.
  2. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan bagi yang belum mempunyai KTP diharuskan untuk membuat Surat Keterangan Telah Melakukan Rekaman Kependudukan yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).
  3. Apabila domisili pelamar tidak sesuai dengan alamat pada KTP, maka pelamar harus membuat Surat Keterangan dari Lurah/Kepala Desa yang menyatakan bahwa pelamar telah berdomisili ditempat tersebut minimal 1 tahun.
  4. Fotocopy Ijazah/STTB dan Daftar Nilai pada Ijazah/STTB
  5. Fotocopy Ijazah SD, SLTP dan SLTA sebagai bukti pelamar menamatkan sekolah di wilayah Papua dan Papua Barat ataupun asli surat keterangan dari kelurahan/kepala desa yang isinya menerangkan bahwa pelamar bersangkutan adalah asli dari Papua dan berdasarkan garis keturunan orang tua (Bapak) asli Papua Khusus bagi pelamar jabatan Penjaga Tahanan dari Kriteria pelamar Putra/Putri Papua dan Papua Barat.
  6. Surat Pernyataan yang diketik dengan komputer, dibubuhkan Materai Rp. 6000,- dan ditandatangani oleh pelamar dengan pena warna hitam.
  7. Pas photo terbaru berlatar belakang warna merah berukuran 3x4 sebanyak 4 lembar
  8. Lembar bukti pendaftaran yang dicetak dari laman https://sscn.bkn.go.id.

Semua berkas-berkas lamaran tersebut kemudian dikirmkan melalui PO BOX dari masing-masing wilayah sesuai dengan tempat tinggal/alamat/domisili anda. Untuk mengetahui alamat PO BOX masing-masing wilayang silahkan kunjungi artikel lengkap tentang Daftar Alamat PO BOX Kantor Wilayah Seleksi CPNS Kemenkumkam

Setelah berkas lamaran CPNS Kemenkumham 2017 ini dikirmkan, maka selanjutnya anda tinggal menunggu pengumuman hasil seleksi administrasi CPNS Kemenkumham Tahun 2017. Pengumuman nantinya akan diumumkan di laman resmi cpns.kemenkumham.go.id pada tanggal 5 September 2017.

Sebelum pengumuman hasil seleksi administrasi tersebut dikeluarkan, ada baiknya anda mulai dari sekarang untuk mempersiapkan diri anda dalam menghadapi ujian tes CPNS CAT nanti. Sebagaimana yang terdapat dalam pengumuman penerimaan CPNS Kemenkumham Tahun Anggaran 2017, bahwa pelaksanaan ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Kemenkumham 2017 menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Maka bagi anda yang masih belum tahu bagaimana menggunakan Aplikasi CAT ini, dan ingin mengetahui bagimana bentuk-bentuk soal CPNS khususnya untuk Tes SKD, maka kami sangat menyarankan untuk mendaftarkan diri anda DISINI.

Demikianlah informasi tata cara pengiriman berkas lamaran CPNS Kemenkumham 2017 yang dapat admin informasikan. Mudah-mudahan bermanfaat bagi anda semua, khususnya bagi anda yang belum tahu bagaimana cara mengirim berkas lamaran CPNS Kemenkumham tahun 2017. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga anda lulus dalam seleksi nanti.

0 Response to "Tips Cara Pengiriman Berkas Lamaran CPNS Kemenkumham"

Post a Comment