Cara Mengatasi Error Pada Saat Upload Dokumen di SSCN

Upload Dokumen di SSCN Error - Pada kesempatan ini admin akan memberikan sebuah informasi yang mungkin sedikitnya akan menjawab pertanyaan-pertanyaan teman-teman semua yang tahun 2017 ini ikut melakukan registrasi CPNS.

Sebagaimana yang kita tahu bahwa setiap pelamar diwajibkan untuk mengikuti segala prosedur yang sudah ditentukan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN), khususnya berkenaan dengan tata cara pendaftaran online yang wajib dilakukan melalui portal https://sscn.bkn.go.id. Setelah proses registrasi online selesai sampai tahap upload dokumen dan mencetak nomor pendaftaran, barulah kemudian dikirimkan berkas fisiknya ke alamat PO BOX yang sudah ditentukan.

Upload Dokumen di SSCN Error

Namun ternyata tidak semuanya proses registrasi online ini berjalan dengan lancar, pasalnya sangat banyak calon peserta CPNS yang sampai saat ini belum berhasil mengupload dokumen dikarenakan tombol Uploadnya tidak muncul (Blank).

Sangat banyak teman-teman calon peserta Seleksi CPNS 2017 yang menghubungi saya dan mengeluhkan akan hal ini dan bertanya kenapa hal itu terjadi. Jujur saja saya tidak tahu pasti apa penyebab upload dokumen di SSCN error atau Blank? Namun saya menduga hal ini terjadi karena beberapa hal sebagai berikut:

1. Jaringan Lemot

Jika jaringan yang kita gunakan untuk mengakses portal sscn.bkn.go.id lambat loading (lola), bisa dipastikan halaman portal tersebut tidak terbuka dengan sempurna. Jangankan portal SSCN, namun portal atau situs-situs lain pun tidak akan terbuka dengan sempurna jika jaringan yang kita gunakan memiliki kecepatan yang lemah.

2. Server Sibuk (Overload)

Sebagaimana yang kita tahu bahwa penerimaan CPNS tahun 2017 ini terbilang cukup banyak formasi yang dibutuhkan, seperti jabatan sebagai Penjaga Tahanan (Sipir) yang jumlah kebutuhan pegawainya mencapai 14 ribu orang. Dan tidak hanya itu, kualifikasi pendidikan yang dimintapun juga terbilang mudah, yakni lulusan SMA, sehingga hampir semua lulusan-lulusan SMA yang masih mengganggur akan melakukan pendaftaran dalam penerimaan CPNS Tahun 2017 ini.

Nah hal inilah yang Saya duga kuat menjadi penyebab utama Errornya tampilan Portal SSCN. Banyak orang yang secara bertubi-tubi mengakses portal https://sscn.bkn.go.id dalam waktu yang bersamaan, sehingga server dari portal tersebut tidak mampu menampung banyaknya pengunjung yang mengakibatkan server sibuk atau overload.

3. Adanya Pembaharuan (Update)

Nah faktor penyebab upload dokumen di SSCN error yang ketiga bisa dikarenakan adanya pembaharuan atau input data yang dilakukan oleh pihak panitia ataupun Admin portal https://sscn.bkn.go.id. Hal ini juga bisa menjadi penyebab sehingga tampilan portal tersebut tidak terbuka dengan sempurna.

Dengan merujuk kepada tiga kemungkinan yang menjadi penyebab terjadinya error pada website SSCN seperti yang disebutkan di atas. Maka admin bisa memberikan beberapa solusi yang mungkin sedikitnya bisa membantu teman-teman yang saat ini memang sedang mengalami kendala akan hal tersebut. Silahkan simak di bawah ini.

Solusi Mengatasi Upload Dokumen Yang Error di SSCN

1. Jika anda merasa jaringan anda memang lambat, solusinya silahkan gunakan koneksi yang lain yang lebih kencang, dan silahkan juga gunakan komputer/laptop lain, jika diperlukan silahkan langsung ke warnet.

2. Jika anda merasa bahwa anda tidak mempunyai masalah terkait koneksi jaringan internet anda, maka kemungkinan servernya sedang sibuk atau sedang ada pembaharuan (update) portal SSCN. Solusi yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut:

o Tekan di keyboard tombol Logo Windows + R (Bersamaan)
o Kemudian Ketik CMD seperti pada gambar di bawah ini.

Dokumen di SSCN Error

o Masukkan kode : ping sscn.bkn.go.id -t

Upload Dokumen di SSCN Error

o Lalu pencet tombol Enter dan tunggu kira-kira sampai 1 menit
o Terakhir, silahkan buka kembali portal https://sscn.bkn.go.id

Cara ini berguna untuk mengecek ping jaringan dan website saja, namun dengan cara ini otomatis komputer akan mendeteksi bahwa situs tersebut adalah situs yang sudah dibookmark, sehingga dengan begitu akan menjadi lebih cepat untuk masuk ke website atau portal yang sedang sibuk tersebut. Ibaratnya komputer kita sudah mengetahui dan menyimpan tampilan website yang kita tuju, dengan begitu kita akan menjadi lebih cepat karena komputer sudah mengenalinya terlebih dahulu.

3. Jika permasalahannya memang dikarenakan ramainya pengunjung yang mengakses secara bersamaan, maka jika cara tersebut di nomor 2 tidak mampu mengatasi masalahnya, maka silahkan anda akses atau membuka kembali portal https://sscn.bkn.go.id pada saat lengang, antara jam 1 sampai jam 4 dini hari.

4. Jika ketiga cara diatas juga tidak dapat mengatasi permasalahan tersebut, cara terakhir adalah BERSABAR. Kenapa harus bersabar? Karena memang tidak ada solusi lain selain bersabar, usaha sudah, tapi tetap belum bisa, apa mau dikata? yasudah sabar-sabar aja sampai bisa. Namun dengan catatan anda harus sering-sering mencoba kembali. Jangan sampai hingga batas akhir pendaftaran anda belum berhasil mengupload dokumen dan mencetak nomor. Dan jika pun hal itu terjadi, siapa yang salah? Saya juga tidak tahu, kita tunggu saja bagaimana nantinya solusi yang diberikan oleh pihak Panitia Penerimaan CPNS 2017.

Saya rasa cukup sekian informasi tentang error yang terjadi saat mengupload dokumen di portal SSCN. Mudah-mudahan informasi di atas sedikitnya bisa menjawab pertanyaan teman-teman semua terkait permasalahan tersebut. Karena jujur saya sudah kewalahan untuk merespon pertanyaan-pertanyaan teman-teman yang bertanya kenapa tidak bisa diupload, kenapa tidak muncul, kenapa blank, kenapa error? Jawaban yang bisa saya berikan itulah yang di atas tadi. Terima kasih dan semoga permasalahan ini bisa diatasi segera khususnya oleh panitia penerimaan CPNS sehingga proses registrasi pendaftaran online CPNS 2017 ini bisa kembali berjalan dengan lancar. Amin.

0 Response to "Cara Mengatasi Error Pada Saat Upload Dokumen di SSCN"

Post a Comment